STAIN Bengkalis Utus Mahasiswa Ikuti Pendidikan Instruktur Nasional Moderasi Beragama (PIN-MB) di Bogor Jawa Barat

Kampus Melayu (humas) Jawa Barat – Turut berpartisipasi serta mendukung program yang ditaja oleh Kementrian Agama Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis utus mahasiswanya untuk mengikuti Pendidikan Instruktur Nasional Moderasi Beragama (PIN-MB) di Bogor Jawa Barat, Jum’at (27/12/2019).

Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut tepatnya tanggal 27-30 Desember 2019, bertempat di Lembaga Bina Santri Mandiri (LBSM) Pondok Udit Kemang Jawa Barat dan diikuti oleh 82 Perguruan Tinggi Keagamaan Islam se-Indonesia. Adapun dari STAIN Bengkalis, diutus Aidil Kharis mahasiswa semester III Program Studi Sosiologi Agama yang juga sebagai salah satu pengurus Bidik Misi STAIN Bengkalis.

Pendidikan Instruktur Nasional Moderasi Beragama (PIN-MB) dibuka secara langsung oleh Sekretaris Dirjen Pendis, Dr. H. Imam Syafe’i, M.Pd yang dalam pemaparannya menyampaikan melalui kegiatan ini sebagai upaya mewujudkan Visi Pendidikan Islam 2020/2024 yakni Terwujudnya Pendidikan Islam yang Inovatif, Berdaya Saing Global dan Menjadi Rujukan serta Destini Dunia dalam Studi Islam yang Rahmatan lil Alam. Selain itu beliau juga menyampaikan melalui pelatihan ini sebagai upaya menciptakan “aktor” dari kalangan mahasiswa sebagai benteng melawan kelompok yang bersebrangan dengan ideologi bangsa saat ini.

Menanggapi hal tersebut, Ketua STAIN Bengkalis, Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar memahami dengan baik tentang moderasi beragama sehingga mahasiswa bisa turut menjadi garda terdepan dalam menjaga NKRI dari berbagai paham yang mengancam ideologi pancasila saat ini.

sumber : https://kampusmelayu.ac.id/2019/berita/stain-bengkalis-utus-mahasiswa-ikuti-pendidikan-instruktur-nasional-moderasi-beragama-pin-mb-di-bogor-jawa-barat/