NONTON BARENG FILM MULTIKULTURAL(IS), UPAYA MEMBUMIKAN NILAI MODERASI DIKALANGAN MAHASISWA

STAIN Bengkalis (humas) Bengkalis – Sebagai upaya membumikan nilai moderasi dikalangan mahasiswa, salah satu Dosen Pengampu Mata Kuliah “Agama dan Masyarakat Multikultural”, Asruari Misda, MA menggelar Nonton Bareng bersama mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama, Rabu (22/02/2023).

Nonton bareng film “Multikultural(is)” digelar usai pelaksanaan mata kuliah guna meningkatkan kesadaran secara holistic bahwa manusia hidup berada dalam lingkup kebudayaan yang beragam. Dalam agenda ini juga tersirat pesan agar saling menghormati, adanya ketulusan, dan toleran terhadap keanekaragaman budaya, agama yang hidup di tengah-tengah masyarakat plural.

Seluruh mahasiswa tampak antusias dan bersemangat dalam menonton film tersebut.

“Tidak hanya sekedar nonton bareng, namun dalam pemutaran film ini diharapkan dapat menimbulkan kesadaran dari mahasiswa untuk pentingnya menjaga nilai-nilai keberagamaan yang ada di Indonesia.” Demikian yang disampaikan oleh Asruari Misda, MA yang juga sebagai Ketua Jurusan Dakwah dan Komunikasi Islam STAIN Bengkalis.

Selain itu, usai pemutaran film, mahasiswa diminta memberikan catatan tentang isi film yang dikaitkan dengan pandangan Islam terhadap sikap toleransi, musyawarah, tolong menolong, silaturrahmi dan persaudaraan.  Menjelaskan landasan nilai-nilai Multikulturalisme dalam Al-Qur’an dan Hadits dan juga Menganalisa bagaimana Nabi Muhammad SAW dan sikap Multikulturalis.

“Diharapkan dengan model pembelajaran seperti ini mahasiswa dapat cepat tanggap dan memahami inti pembelajaran yang disampaikan.” Tutup Asruari.